ads
5 Tempat Wisata Religi di Pulai Jawa Paling Populer dan Banyak Pengunjungnya

5 Tempat Wisata Religi di Pulai Jawa Paling Populer dan Banyak Pengunjungnya

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Ada banyak jenis aktivitas wisata yang bisa kita lakukan, termasuk salah satunya wisata religi di pulau Jawa. Beberapa kawasan di pulau Jawa punya daerah wisata religi yang sangat populer dan pengunjungnya selalu ramai.

Wisata religi adalah destinasi tempat wisata yang dihubungkan dengan sejarah, tokoh masyarakat, pemuka agam, hingga tempat ibadah. Di pulau Jawa, ada banyak wisata religi yang dapat menjadi destinasi untuk lebih mendekatkan diri pada sang pencipta ataupun menenangkan hati.

Daftar Wisata Religi di Pulau Jawa yang Paling Ramai dan Populer

Dari banyaknya pilihan tempat wisata religi yang ada di pulau Jawa, beberapa merupakan destinasi paling populer dengan jumlah pengunjung banyak. Berikut ini daftar tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi di pulau Jawa karena sangat populer.

1. Candi

Tempat wisata religi paling sering dikunjungi di daerah pulau Jawa yang pertama yakni candi. Candi Borobudur dan Prambanan yang ada di pulau Jawa merupakan dua candi bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan.

Wisatawan yang berkunjung ke candi tersebut kebanyakan untuk menikmati keindahan bentuk bangunannya dan ada beberapa yang secara khusus datang untuk bersembahyang. Candi Borobudur merupakan tempat ibadah untuk agama Buddha sedangkan Candi Prambanan untuk Hindu.

2. Makam Walisongo

Destinasi wisata religi di pulau Jawa paling terkenal dan populer sampai saat ini yakni makam – makan para sunan Walisongo. Wisata religi sunan ampel yang ada di Surabaya menjadi bagian dari makam para sunan yang paling populer dan banyak pengunjungnya sampai saat ini.

Selain Sunan Ampel, ada beberapa tempat wisata religi bagi umat Islam yang populer lain seperti makam Sunan Kalijaga di Demak, Makan Sunan Gunung Jati di Cirebon, Makan Sunan Giri di Gresik, dan masih banyak lagi.

3. Klenteng

Tempat wisata religi lain yang juga cukup ramai pengunjungnya baik sekedar berwisata maupun bersembahyang akan mengadakan ritual keagamaan yakni Klenteng. Beberapa klenteng sebagai tempat ibadah agama Konghucu.

Salah satu klenteng paling legendaris dan banyak dikunjungi wisatawan di pulau Jawa yakni Sam Poo Kong. Klenteng ini berada di Semarang dan termasuk destinasi wisata paling populer di kota lumpia tersebut.

4. Masjid

Selain sebagai tempat ibadah umat Islam, beberapa masjid di pulau Jawa juga merupakan destinasi wisata religi yang populer dan banyak pengunjungnya. Hampir di setiap suduk kota selalu ada masjid sebagai tempat ibadah namun pastinya tidak semua populer.

Masjid Cheng Ho yang ada di Pasuruan merupakan salah satu destinasi wisata religi di pulau jawa paling populer dan banyak jumlah pengunjungnya. Selain itu, baru – baru ini juga ada masjid Al Jabbar yang ada di Bandung dengan daya tarik keindahan arsitekturnya.

5. Vihara

Selain klenteng, di semarang juga ada satu Vihara yang sangat populer dan begitu terkenal sebagai destinasi wisata religi pulau Jawa. Vihara Buddhaga Watugong yang terletak di ibukota Jawa Tengah tersebut termasuk yang populer baik sebagai destinasi wisata maupun tempat sembahyang umat Buddha.

Masih ada banyak pilihan destinasi wisata religi yang begitu beragam di pulau jawa. Setiap daerah biasanya selalu punya destinasi wisata religi yang ramai pengunjungnya. Tempat wisata religi berbeda dengan destinasi wisata lainnya karena punya unsur keagamaan di dalamnya. Anda bisa menikmati sejarah, budaya, dan berbagai hal terkait agama tertentu ketika berkunjung ke tempat wisata religi di pulau Jawa paling terkenal.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads