ads
Jam Pendakian Ijen Dibuka Lebih Awal, Kabar Gembira untuk Melihat Blue Fire Lagi

Jam Pendakian Ijen Dibuka Lebih Awal, Kabar Gembira untuk Melihat Blue Fire Lagi

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Banyuwangi – kabar baik datang dari pendakian Ijen yang akhirnya membuka jam pendakian Ijen lebih awal lagi. Pengumuman pembukaan jam pendakian tersebut tertuang dalam surat edaran dari kepala BBKSDA Jatim dengan nomor SE.247/K.2/BIDTEK.1/KSA/8/2023.

Kepala KSDA Wilayah III jember, Purwantono, menyampaikan pembenaran atas perubahan jam buka jalur pendakian ke kawah Gunung Ijen tersebut. Perubahan jam pendakian yang sebelumnya dikeluhkan banyak wisatawan tersebut disebabkan oleh karena status Gunung Ijen.

Perubahan jam pendakian ke Taman Wisata Alam Gunung Ijen awalnya disebabkan oleh karena peningkatan status waspada pada gunung tersebut. Setelah penurunan status menjadi normal maka jam pendakian dikembalikan sesuai sebelumnya.

Perubahan Jam Pendakian Ijen Disambut Gembira Wisatawan

Berdasarkan informasi yang ada pada surat edaran terkait dengan perubahan jam pendakian ke kawah Ijen tersebut, disambut gembira oleh para wisatawan. Perubahan jam pendakian tersebut punya beberapa fakta menarik yang bisa ditarik.

  1. Daftar perubahan jam pendakian bukan didasari atas keluhan para pendaki gunung ijen yang tidak bisa mengejar waktu melihat Blue Fire karena pendakian awalnya baru dibuka jam 04.00
  2. Perubahan jam terjadi karena adanya penurunan status Gunung Ijen dari Waspada (level II) ke Normal (level I)
  3. Ada perbedaan jam pendakian Ijen dari yang sebelumnya bisa dimulai pukul 01.00 WIB kini berubah ke jam 02.00, maju 1 jam dari jadwal sebelumnya
  4. Perubahan jam pendakian ke kawah Gunung Ijen tersebut menjadikan harapan untuk melihat Blue Fire kembali bisa dirasakan oleh para wisatawan

Selain perubahan jam pendakian, dalam surat edaran juga disampaikan terkait dengan larangan dan ketentuan selama pendakian yang harus dipatuhi. Ketentuan tersebut juga dapat berubah jika ada rekomendasi dari pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi terkait dengan status Gunung Ijen.

Larangan Menuju Dasar Kawah

Salah satu ketentuan yang harus dipatuhi oleh semua pendaki yang akan menuju ke kawah Ijen adalah adanya pelarangan untuk menuju ke dasar kawah. Semua pengunjung dapat menikmati keunikan dan pemandangan menakjubkan dari Blue Fire dari atas kawah Ijen.

Selain larangan untuk menuju ke dasar kawah, dalam surat edaran yang memuat jam pendakian Ijen tersebut juga melarang pengunjung membawa barang berbahaya serta bisa mencederai orang lain.

Blue Fire, Pesona Pendakian Kawah Ijen

Bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung Ijen, jam pendakian Ijen sangat penting untuk diketahui. Adanya perubahan jam tersebut menjadikan pengunjung punya kesempatan lain untuk melihat Blue Fire.

Blue Fire sebagai pesona kawah Ijen, hanya bisa dilihat pada kisaran waktu mulai dari jam 02.00 WIB sampai menjelang pagi. Dengan waktu tempuh pendakian Ijen yang berlangsung kurang lebih 2 jam, setidaknya pendaki harus sudah mulai naik di jam 02.00 WIB atau paling lambat pukul 03.00 WIB.

Keindahan dan keunikan pemandangan yang muncul dari Blue Fire tersebut merupakan pesona dan daya tarik kawah Ijen. Di Indonesia sendiri, pemandangan blue fire hanya dapat disaksikan dari kawah Ijen saja.

Tiket Masuk Taman Wisata Alam Gunung Ijen

Wisatawan sebaiknya membeli tiket masuk terlebih dahulu untuk melakukan pendakian ke Kawah Gunung Ijen. Tiket masuk dapat dibeli secara online lewat laman tiket.bbksdajatim.org. Harga tiket masuk ke kawasan Taman Wisata Alam Gunung Ijen sebesar Rp. 5.000 – Rp. 7.500 untuk wisatawan lokal, dan RP. 100.000 – Rp. 150.000 untuk wisatawan asing.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads