ads
6 Lokasi Alternatif untuk Menikmati Sunset di Bromo Selain Penanjakan

6 Lokasi Alternatif untuk Menikmati Sunset di Bromo Selain Penanjakan

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Pasuruan – Indahnya sunrise di Bromo jadi daya tarik wajib saat berkunjung ke salah satu objek wisata unggulan Jawa Timur tersebut. Menikmati Sunrise merupakan destinasi awal ketika akan menjelajahi kawasan Bromo.

Penanjakan jadi lokasi paling populer yang dipilih para wisatawan untuk melihat pemandangan yang menakjubkan dari Sunrise Bromo. Ramainya lokasi penanjakan mengharuskan wisatawan berangkat lebih awal dan biasanya akan berdesakan untuk menikmati pemandangan alam bromo di pagi hari.

5 Lokasi Alternatif untuk Melihat Sunrise di Bromo Selain Penanjakan

Bagi wisatawan yang tetap ingin melihat indahnya Sunrise di Bromo namun terkendala ketika harus berangkat lebih awal atau bahkan malas berdesakan, ada beberapa lokasi lain yang bisa dipilih. Beberapa lokasi tersebut, seperti disebutkan dalam ulasan di bawah ini.

1. Seruni Point Atau Puncak Seruni

Lokasi ini merupakan alternatif pertama untuk para wisatawan melihat Sunrise di Bromo selain Penanjakan. Seruni poin punya view yang mirip dengan penanjakan karena memang berada segaris atau sejajar dengan Penanjakan namun lokasinya lebih rendah.

Indahnya sinar matahari pagi yang muncul di atas hamparan pasir Bromo dan lautan awan dapat dinikmati di Puncak Seruni. Untuk mencapai lokasi Sunrise di Puncak Seruni, wisatawan harus menaiki 256 anak tangga.

2. Bukit Kingkong atau Bukit Kedaluh

Kemegahan kawasan Bromo dapat dilihat langsung dari atas bukit Kingkong yang menjadi lokasi alternatif Sunrise selain Penanjakan. Bukit Kingkong dinilai lebih nyaman untuk menikmati salah satu keagungan Pencipta Alam Semesta lewat pemandangan Sunrisenya di Bromo.

Wisatawan tidak perlu berdesakan untuk menikmati Sunrise di lokasi Bukti Kingkong ini serta akan punya sudut pandang panorama yang berbeda. Lokasinya punya banyak fasilitas penunjang yang sama seperti di Penanjakan seperti toilet dan warung – warung pedagang.

3. Bukit Cinta atau Love Hill Penanjakan

Lokasi Sunrise di Bromo ini lebih rendah dan pasti akan dilewati pada saat perjalanan menuju penanjakan. Bukit cinta juga punya posisi yang sejajar dengan Penanjakan sehingga pemandangannya mirip hanya saja lebih rendah lokasinya.

Nama Bukit Cinta diberikan karena menjadi tempat ini diyakini sebagai pertemuan antara Roro Anteng dengan Joko Seger, berdasarkan sejarah masyarakat Tengger. Sepasang kekasih tersebut merupakan nenek moyang dari masyarakat Tengger yang ada di Bromo.

4. Pos Dingklik

Lokasi yang lebih dekat dari Pasuruan ini dapat menjadi salah satu tempat untuk menikmati Sunrise di Bromo yang lebih nyaman dan tidak terlalu ramai. Lokasinya memang masih di bawah Penanjakan dan bisa dikatakan sebagai tempat melihat Sunrise paling rendah di Bromo.

5. Bukti Perahu

Pilihan alternatif lain yang bisa dipertimbangkan wisatawan sebagai lokasi Sunrise selain Penanjakan ketika berkunjung adalah Bukti Perahu. Lokasinya sering kali digunakan sebagai tempat camping para pendaki Gunung yang ingin menikmati pemandangan Bromo lebih dekat.

Bukit Mantigen, Spot Alternatif Sunrise Bromo dengan Pemandangan Anti Mainstream

Selain kelima pilihan spot untuk melihat Sunrise di Bromo tersebut, ada alternatif lain yang lokasinya tidak sama dengan Penanjakan. Bukti Mantigen merupakan pilihan alternatif yang dapat memberikan gambaran keindahan Sunrise Bromo dengan pemandangan Anti Mainstream dan berbeda.

Wisatawan yang ingin menuju Bukit ini tidak harus menggunakan Jeep karena bisa berjalan kaki. Mereka yang suka akan petualangan dan alam biasanya lebih memilih menuju ke bukti ini yang dapat memberikan pemandangan Milky Way saat malam hari di Bromo.

Bagi Wisatawan yang akan menikmati Sunrise di kawasan wisata Bromo, ada banyak alternatif tempat atau spot untuk dipilih. Banyaknya tempat untuk menikmati keindahan Sunrise di Bromo selain Penanjakan akan mempermudah para wisatawan.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads