ads
5 Wisata Religi di Pulau Sumatera Mulai dari Masjid Hingga Al-Quran Terbesar

5 Wisata Religi di Pulau Sumatera Mulai dari Masjid Hingga Al-Quran Terbesar

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Aceh - Aktivitas wisata bukan hanya berkaitan dengan destinasi wisata pada umumnya, namun ada juga wisata religi di pulau Sumatera dan wilayah lain. Aktivitas wisata religi jadi salah satu pilihan yang dapat Anda manfaatkan untuk berdoa maupun menemukan ketenangan batin.

Wisata religi termasuk aktivitas ritual yang sering dilakukan sejak lama dengan mengunjungi destinasi tertentu. Di pulau Sumatera sendiri ada beragam pilihan destinasi wisata di mana di antaranya termasuk kategori wisata religi untuk Anda kunjungi.

Daftar Wisata Religi di Pulau Sumatera yang Paling Terkenal

Berkunjung ke Sumatera dengan mendatangi destinasi penuhi pesona alamnya tentu sudah biasa dilakukan para wisatawan. Berbeda dengan destinasi wisata lainnya, Anda bisa menemukan beberapa tempat wisata religi yang populer untuk dikunjungi di pulau Sumatera, di antaranya seperti :

1. Wisata Religi Masjid

Tempat atau objek destinasi wisata religi yang paling sering dikunjungi salah satunya berupa bangunan tempat ibadah seperti masjid. Ada banyak masjid di Sumatera yang punya jumlah pengunjung banyak di luar aktivitas keagamaan Islam. Beberapa masjid paling populer di Sumatera tersebut, seperti :

  • Masjid Raya Baiturrahman, masjid yang berada di Aceh ini menjadi salah satu objek atau destinasi wisata religi di pulau Sumatera paling ramah karena arsitektur dan juga sejarahnya.
  • Masjid Raya Al-Mashun, masjid yang ada di Medan ini memiliki arsitektur yang unik yakni perpaduan antara India, Spanyol, dan juga timur tengah
  • Masjid 1000 Tiang, masjid yang punya arsitektur unik dengan banyak tiang ini ada di Jambi di mana termasuk salah satu destinasi wisata religi yang populer

Selain tiga pilihan masjid tersebut, masih ada banyak masjid di pulau Sumatera yang populer pengunjungnya karena arsitektur maupun sejarahnya. Masjid-masjid tersebut bukan hanya ramai saat pelaksanaan ibadah sholat namun juga di waktu lainnya.

2. Museum Al-Quran Raksasa

Pilihan tempat wisata religi di pulau Sumatera yang paling populer selanjutnya yakni museum Al-Quran. Museum yang terletak di kota Palembang ini menampilkan Al-Quran terbesar. Data tarik Al-Quran dalam ukuran besar tersebut menjadikan banyak wisatawan meliriknya sebagai destinasi wisata religi.

3. Makam Syekh Aminullah

Tempat wisata religi selanjutnya yang juga bisa dikatakan populer serta selalu ada banyak pengunjungnya yakni makam dari Syekh Aminullah. Lokasi makamnya berada di kabupaten Pesisir Barat di Provinsi Lampung. Syekh Aminullah merupakan penyebar Islam di daerah Pesisir Barat dan juga Sumatera.

4. Miniatur Makkah

Miniatur Makkah terdapat di kota padang yang sebenarnya merupakan sebuah masjid di mana area sekitarnya menyerupai Makkah. Lokasinya sering digunakan juga sebagai tempat pelaksanaan manasik haji. Selain masjid dan miniatur Makkah, ada perbukitan dengan pemandangan indah di sekitarnya. Minatur Makkah ini termasuk destinasi wisata religi di pulau Sumatera paling ramai.

5. Istana Siak Sri Indrapura

Destinasi wisata religi selanjutnya yang ada di pulau Sumatera yakni Istana Siak Sri Indrapura. Istana tersebut ada di kepulauan Riau dan sudah berdiri sejak tahun 1893. Di istana yang jadi objek wisata luar dan dalam negeri ini ada berbagai benda koleksi kerajaan Siak.

Pilihan lokasi wisata religi yang ada di pulau Sumatera cukup banyak dan beragam. Bukan hanya rumah ibadah saja yang jadi destinasi wisata religi namun juga beberapa tempat lainya. Daftar wisata religi di pulau Sumatera tersebut dapat Anda pertimbangkan untuk mengunjunginya.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads