ads
Indonesia Raih Penghargaan Destinasi Wisata Petualangan Terbaik Asia 2024

Indonesia Raih Penghargaan Destinasi Wisata Petualangan Terbaik Asia 2024

Smallest Font
Largest Font

Beritadata - World Travel Awards (WTA) mengumumkan para pemenangnya untuk edisi tahun ini pada tanggal 3 September lalu, dengan upacara penghargaan yang berlangsung di Manila, Filipina. Didirikan pada tahun 1993, WTA bertujuan untuk mengakui, memberi penghargaan, dan merayakan keunggulan di seluruh sektor utama industri perjalanan, pariwisata, dan perhotelan. Untuk penghargaan tahun 2024, Manila dipilih sebagai tuan rumah, karena kota ini dianggap sebagai metropolis yang ramai dan telah berkembang menjadi pusat global bagi pelancong bisnis dan rekreasi.

"Penghargaan World Travel tahun ini bukan hanya perayaan keunggulan dalam pariwisata, tetapi juga bukti ketangguhan, kreativitas, dan semangat kolaboratif komunitas pariwisata global kita," kata Menteri Pariwisata Filipina, Christina Garcia Frasco, yang juga dianugerahi penghargaan Pemimpin Transformasional dalam Tata Kelola Pariwisata selama upacara tersebut.

Dalam kategori "Destinasi Wisata Petualangan Terbaik Asia 2024," Indonesia mengalahkan China, India, Jepang, Malaysia, Nepal, Sri Lanka, dan Thailand. Selain itu, Hotel Meliá Bali dinobatkan sebagai "Resor All-Inclusive Terbaik di Asia 2024," dan Bali diakui sebagai "Destinasi Paling Romantis di Asia 2024." Selain itu, InterContinental Jakarta Pondok Indah dinobatkan sebagai "Hotel Kota Mewah Terbaik di Asia 2024."

Sementara itu, Vietnam meraih gelar "Destinasi Terbaik Asia 2024," dengan provinsi Hà Giang dinobatkan sebagai "Destinasi Budaya Regional Terbaik Asia 2024," dan Kota Ho Chi Minh diakui sebagai "Destinasi Perjalanan Bisnis Terbaik di Asia 2024." Dalam kategori pendatang baru yang sangat kompetitif, The Ritz-Carlton, Fukuoka, Jepang, mendapatkan kehormatan sebagai "Hotel Baru Terbaik Asia 2024."

The Ascott Limited merayakan kemenangan ganda, memenangkan "Merek Apartemen Servis Terbaik Asia 2024" dan "Apartemen Servis Terbaik Asia 2024" untuk salah satu propertinya, Ascott Makati di Filipina. Maskapai Vietnam, Vietravel, dinobatkan sebagai "Operator Tur Terbaik Asia 2024," sementara Discovery Primea, Filipina, memenangkan penghargaan untuk "Hotel Bisnis Terbaik di Asia 2024."

Pemenang dari sektor penerbangan termasuk Singapore Airlines, yang dinobatkan sebagai "Maskapai Terbaik Asia 2024," dan Air New Zealand, yang memenangkan "Maskapai Terbaik Oseania 2024." Bandara Hong Kong dinobatkan sebagai "Bandara Terbaik Asia 2024." Sementara itu, maskapai penerbangan berbiaya rendah internasional, AirAsia, meraih penghargaan ganda, memenangkan "Maskapai Berbiaya Rendah Terbaik Asia 2024" dan "Kru Kabin Maskapai Berbiaya Rendah Terbaik Asia 2024." Qantas Airways juga mendapatkan pengakuan, meraih gelar "Merek Maskapai Terbaik Oseania 2024."

"Pemenang kami adalah contoh luar biasa dari keunggulan pariwisata, dan saya mengucapkan selamat kepada semua pihak yang telah membantu menaikkan standar kolektif di seluruh Asia dan Oseania," ujar Graham Cooke, Pendiri WTA.

Destinasi Petualangan di Indonesia

Kepulauan Mentawai

Terletak di lepas pantai barat Sumatra, Kepulauan Mentawai adalah salah satu area dengan gelombang terbanyak di dunia. Gelombang di Bali kurang konsisten dan selalu ramai di setiap titik selancar. Namun, di sini terdapat 70 pulau, dengan lebih dari sekadar titik selancar yang diketahui, dan hanya bisa diakses dengan perahu. Pilih antara kamp selancar atau kapal charter,  meskipun gelombang di dekat kamp memang menjadi lebih ramai. Sebagai bonus, ada dua kelompok pulau di utara, Kepulauan Banyaks dan Telos yang menawarkan ratusan gelombang kelas dunia dengan sedikit peselancar.

Ketika kembali ke Sumatra, terbanglah ke utara untuk mengunjungi salah satu hutan belantara terakhir di Asia, dengan melakukan pendakian di hutan tempat harimau, badak, orangutan, dan gajah hidup bersama, yaitu Ekosistem Leuser. Anda juga bisa mendaki ke danau kawah terbesar di dunia, Danau Toba.

Gili Trawangan

Terletak satu jam dengan kapal feri dari Bali di lepas pantai barat laut Lombok, Gili Trawangan mengecilkan aspek terbaik dari suasana bar pantai Bali menjadi satu pulau pesta kecil. Pulau ini hanya seluas enam kilometer persegi dan tidak ada kendaraan bermotor, sehingga Anda bisa berjalan kaki ke bar di setiap pantai.

Ada bar pantai, musik live, DJ, dan pesta setiap malam termasuk tur pub berpemandu tiga kali seminggu. Bar-bar ini menghadap ke laut, dan selalu ada setidaknya satu bar yang buka hingga fajar.

Jangan hanya melakukan tur pub, lakukan tur pulau. Ada dua pulau kecil lainnya, Gili Meno dan Gili Air yang dapat dijangkau dalam waktu 10 menit dengan perahu yang berangkat setiap 30 menit. Kedua pulau ini lebih tenang dan dikenal karena pantainya, serta kegiatan selancar dan menyelam.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads