ads
5 Rekomendasi Kampung Tematik yang Jadi Destinasi Wisata Alternatif Kota Malang

5 Rekomendasi Kampung Tematik yang Jadi Destinasi Wisata Alternatif Kota Malang

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Malang – Selain berwisata kuliner, pantai, dan wahana permainan, Malang menghadirkan pilihan suasana wisata baru lewat kampung tematiknya. Gagasan kampung Tematik ini sudah ada sejak tahun 2017 di mana di awali dengan adanya Kampung Warna Warni.

Total saat ini ada 23 kampung yang punya tema khusus dan dapat menjadi salah satu destinasi wisata di kota malang. Dari banyaknya pilihan kampung tersebut, wisatawan dapat menemukan tema yang berbeda dan unik.

Rekomendasi Kampung Tematik yang Jadi Andalan Wisata Malang

Wisatawan asing maupun lokal banyak yang sudah mengunjungi berbagai pilihan perkampungan tematik yang ada di Kota Malang. Berikut ini rekomendasi kampung tematik yang jadi andalan ketika berwisata ke kota Malang.

1. Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung pertama yang direkomendasikan sebagai pilihan wisata sejarah terbaik di Malang ini sudah ada sejak tahun 2017. Kampung Warna Warni Jodipan punya tema menarik dengan pilihan warna dinding maupun atas rumah di perkampungan tersebut yang menarik.

Keindahan perpaduan warna yang ada di Kampung Jodipan ini dapat dilihat dari atas jembatan Brantas Jalan Gatot Subroto. Tempat ini sudah punya banyak fasilitas yang bisa menunjang para wisatawan ketika berkunjung.

2. Kampung Tridi

Kampung yang dekat dengan kampung Warna Warni Jodipan ini punya pesona seni mural 3 dimensi. Letaknya yang sangat dekat dengan Kampung Jodipan dan hanya dipisahkan oleh sungai brantas saja menjadikannya sebagai destinasi setelah berkunjung ke Kampung Warna Warni.

Pesona Kampung Triadi dapat dilihat juga dari atas jembatan brantas maupun jembatan kereta api. Wisatawan dapat menikmati kedua kampung tersebut dengan mudah karena saat ini ada jembatan kaca yang menghubungkannya.

3. Kampung Heritage Kajoetangan

Kampung Tematik ketiga yang juga populer dan jadi destinasi wisata wajib ke Malang adalah Kajoetangan. Kampung ini disulap menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan tempo dulu di kota Malang. Ada banyak cafe, rumah makan, dan ornamen dengan kesan Heritage di sana.

Ada banyak bangunan tempo dulu yang sarat akan sejarah kolonial Belanda di Malang. Ada banyak pertunjukan seni yang bisa ditemukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke kampung Kajoetangan ini. Waktu terbaik untuk menikmati Kampung Heritage Kajoetangan adalah sore hingga malam hari.

4. Kampung Budaya Polowijen

Kampung wisata yang terletak di kelurahan Polowijen ini menawarkan banyak koleksi replika togeng malangan yang dapat dilihat di sana. Togeng – topeng tersebut merupakan peninggalan dari leluhur warga setempat yang sangat bersejarah.

Pengunjung dapat melihat, membuat batik, belajar tari tradisional, belajar membuat topeng, dan banyak aktivitas seni lainnya. Dari kampung tematik di Malang ini, wisatawan juga bisa mendengarkan kisah Mpu Topeng yang membesarkan daerah tersebut melalui seni ukiran topen.

5. Kampung Keramik Dinoyo

Lokasi kampung wisata tematik ini berada di jalan MT Haryono, kelurahan Dinoyo, Lowokwaru, Malang. Di kampung tersebut, wisatawan dapat menemukan karya seni kriya atau keramik yang unik dan modern.

Ada berbagai jenis keramik yang dapat ditemukan di kampung Keramik Dinoyo ini. Pengunjung bukan hanya bisa melihat keramik saja melainkan juga bisa membuat keramik mulai dari proses desain, mencampur adonan bahan, proses cetak, pembakaran, dan melukis motif kramik di kampung ini.

Selain kelima daftar rekomendasi kampung wisata tematik yang dapat Anda kunjungi di kota Malang, masih ada beberapa kampung menarik lainnya. Berbagai pilihan Kampung Tematik tersebut dapat menjadi destinasi wisata budaya dan sejarah wajib yang harus dikunjungi wisatawan.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads