ads
Kepingan Surga di Pantai dan Pulau Kecil jadi Destinasi Wisata Nias yang Wajib Dikunjungi

Kepingan Surga di Pantai dan Pulau Kecil jadi Destinasi Wisata Nias yang Wajib Dikunjungi

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Nias - Kepulauan Nias jadi satu daerah dengan destinasi wisata Nias yang beragam dan sangat menawan terutama keindahan alamnya lewat pantai serta pulau - pulau kecil. Pulau Nias sendiri terkenal dengan salah satu tradisi budaya lompat batu atau disebut Fahombo dalam bahasa daerah. 

Perjalanan laut jadi akses terbaik untuk menuju ke Nias yang bisa ditempuh selama kurang lebih 10 jam pelayaran dari Sibolga. Perjalanan udara dengan waktu tempuh selama 1 jam dari Bandar Udara Kualanamu Medan atau Bandara Padang juga bisa digunakan untuk menikmati berbagai wisata di Nias.

Pantai di Pulau Nias (Sumber : commons.wikimedia.org)
Pantai di Pulau Nias (Sumber : commons.wikimedia.org)

Destinasi Wisata Pantai dengan Keindahannya Banyak Ditemukan di Nias

Salah satu destinasi wisata Nias yang utama ketika berkunjung ke sana adalah Pantai. Ada banyak pantai yang dapat dikunjungi dengan pemandangan menakjubkan terjadi lewat hamparan pasir putih dan barisan pohon cemara. Ada beberapa pantai yang jadi destinasi wisata terbaik di pulau Nias, seperti :

1. Pantai Fari’i

Pantai yang terletak di wilayah Desa Hilimberua Na’a, Kecamatan Sirombu ini jadi salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Nias. Aktivitas memancing jadi salah satu daya tarik yang disuguhkan oleh pantai Fari’i selain pemandangan alamnya yang menakjubkan.

2. Pantai Gawu Soyo

Pantai ini berlokasi di Desa Ombolata yang masuk wilayah Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias. Ciri khas dari Pantai ini terletak pada warna pink atau merah muda pada pasir putihnya. Warna merah mudah ini diangkat dalam sebuah cerita rakyat yang menggambarkan pernah terjadi pertumpahan darah di Pantai tersebut.

3. Pantai Tureloto

Pantai dengan kadar garam tinggi tidak hanya ada di Laut Mati saja, Nias juga punya Pantai Tureloto yang aman untuk aktivitas berenang. Batu karang bundar di tepian bibir Pantai juga menjadi daya tarik di Pantai yang terletak 60 km dari Gunungsitoli ini.

Sunset di Pulau Nias (Sumber : www.pxfuel.com)
Sunset di Pulau Nias (Sumber : www.pxfuel.com)

Pulau – Pulau Kecil yang Indah Jadi Destinasi Wisata Nias

Selain pantai yang punya banyak ciri khas, berwisata ke Nias juga dapat dilakukan dengan menikmati berbagai pulau indahnya. Ada banyak pulau – pulau kecil di Nias yang juga jadi salah satu objek wisata unggulan, seperti disebutkan di bawah ini.

1. Pulau Asu

Pulau dengan julukan “Paradise on Earth” ini jadi salah satu wisata wajib ketika berkunjung ke Pulau Nias. Gradasi warna biru dan air yang jernih di sekitar Pulau Asu yang menjadikannya mendapatkan julukan sebagai kepingan surya di bumi.

Ada banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau ini seperti Diving, Surfing, maupun Snortkeling. Keindahan bawah laut dengan berbagai biota laut yang menawan jadi salah satu objek yang dicari ketika berkunjung ke pulau Asu sebagai destinasi wisata Nias.

2. Pulau Gawu Soyo

Pulau kedua yang juga dapat menjadi destinasi wisata ketika berkunjung ke Nias adalah Pulau Hinako. Para wisatawan yang hobi berselancar atau surfing dapat berkunjung ke Pulau Hinako karena adanya ombak besar di pesisir pantainya.

Sama seperti Pulau Asu, daya tarik Pulau Hinako juga terletak pada keindahan bawah lautnya. Para wisatawan juga banyak yang melakukan snorkeling di pulau tersebut. Pulau kecil di Kabupaten Sirombu ini jadi pulau terluar di Indonesia yang langsung berbatasan dengan samudra Hindia.

Pantai dan Pulau – Pulau kecil merupakan destinasi wisata yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke Nias. Selain melihat tradisi lompat batu, ada banyak desinasi wisata Nias yang dapat dikunjungi terutama keindahan alamnya.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads