ads
5 Tempat Bersejarah yang Layak Jadi Destinasi Wisata Sejarah di Surabaya

5 Tempat Bersejarah yang Layak Jadi Destinasi Wisata Sejarah di Surabaya

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Surabaya - Kota pahlawan banyak menyimpan kenangan jaman perjuangan di setiap sudutnya yang bisa menjadi rekomendasi wisata sejarah di Surabaya. Menyusuri beberapa tempat bersejarah menjadikan wisatawan bisa merasakan semangat perjuangan dahulu kala.

Ada banyak lokasi tempat bersejarah yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata di kota Surabaya. Lokasi bersejarah dan tempo dulu yang masih berdiri sampai sekarang tersebut, menyimpan banyak cerita menarik dan penuh fakta sejarah yang muncul belum banyak diketahui.

Daftar Tempat Bersejarah yang Bisa Jadi Destinasi Wisata Sejarah di Surabaya

Ada beberapa tempat yang saat ini menjadi bagian dari destinasi wisata sejarah di Kota Pahlawan tersebut. Wisatawan bisa menjadikannya sebagai alternatif liburan saat berkunjung ke kota Surabaya. Berikut ini daftar tempat bersejarah di Surabaya yang cocok jadi destinasi wisata.

1. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam atau Monkasel di Surabaya merupakan satu – satunya yang ada di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Monumen yang merupakan KRI Pasopati 410 tersebut menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di Kota Surabaya.

Lokasinya yang berada di tengah kota dan mudah dijangkau tersebut terbuka untuk umum dan buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Wisatawan dapat masuk ke dalam Kapal Selam yang pernah ikut pertempuran Laut Aru tersebut dan menikmati suasana interiornya secara langsung.

2. Tugu Pahlawan

Tugu yang diresmikan tahun 1952 ini menjadi destinasi wisata sejarah di Surabaya yang banyak menyimpan sejarah perjuangan Pahlawan dalam mengusir penjajah. Tugu tersebut menjadi monumen peristiwa heroik yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Hotel Yamato.

Dalam arena tempat bersejarah Tugu Pahlawan, pengunjung juga dapat menikmati dokumentasi perjuangan rakyat tersebut lewat beragam diorama, benda sejarah, dan koleksi ikonik lain di Museum 10 November. Museum tersebut dibuka dari hari Selasa sampai Sabtu mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

3. Jalan Tunjungan

Lokasi atau destinasi wisata sejarah di Surabaya lain yang dapat dikunjungi adalah sepanjang Jalan Tunjungan. Ada banyak gedung tua bersejarah yang bisa ditemukan di lokasi Jalan ini, termasuk Hotel Yamato dalam peristiwa 10 November 1945 yang saat ini sudah berganti nama menjadi Hotel Majapahit.

Lokasi Jalan Tunjungan ini cocok dijadikan destinasi wisata malam ketika berkunjung ke Surabaya. Saat malam hari, ada banyak pedagang yang menjajakan berbagai jenis makanan di sepanjang jalan tersebut. Wisatawan juga bisa masuk ke pasar Tunjungan untuk berwisata kuliner di dalamnya.

4. Museum House of Sampoerna

Museum yang dimiliki oleh Pabrik Rokok Sampoerna ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Surabaya di mana layak untuk dikunjungi. Wisatawan dapat mengetahui sejarah rokok yang ada di Indonesia. Gedung yang sudah ada sejak 1862 tersebut punya arsitektur tua yang menarik.

Selain Museum, Wisatawan juga bisa berkeliling untuk menikmati lokasi bersejarah lain di Surabaya lewat Bus Surabaya Heritage. Wisatawan akan di ajak berkeliling ke berbagai lokasi wisata Surabaya yang bersejarah selama kurang lebih 1 jam dengan destinasi berbeda – beda.

5. Gedung Bersejarah

Selain keempat destinasi yang disebutkan di atas, Anda juga dapat berkunjung ke beberapa gedung bersejarah di Surabaya. Pilihan gedung dan lokasi bersejarah tersebut cukup beragam dan punya cerita tersendiri. Beberapa gedung bersejarah di Surabaya, seperti Rumah Sakit Darmo, Penjara Kalisosok, Siola, Internatio, Cerutu, dan Jembatan Merah.

Surabaya memang kental dengan tempat bersejarahnya yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah. Adanya pilihan destinasi wisata sejarah di Surabaya tersebut dapat menjadi salah satu alternatif liburan yang layak untuk dicoba.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads