ads
Imbas Kebakaran Savana Bromo, Perhatikan Tips Penting Berikut untuk Tetap Berwisata Ke Sana

Imbas Kebakaran Savana Bromo, Perhatikan Tips Penting Berikut untuk Tetap Berwisata Ke Sana

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Malang – Imbas kebakaran Savana Bromo yang terjadi selama 4 hari terakhir menyebabkan adanya penutupan dan beberapa pengaturan akses masuk ke Kawasan Wisata Bromo. Keputusan penutupan akses dibuat oleh BB TNBTS per Jumat, 1 September 2023 mulai pukul 20.00 WIB.

Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger, dan Semeru (BB TNBTS) memutuskan untuk menutup akses masuk ke kawasan Bromo terutama yang melewati Savana. Pintu masuk Jemplang, Coban Trisula, dan Senduro akan ditutup untuk sementara waktu imbas dari kebakaran tersebut.

Bagi wisatawan yang sudah terlanjur melakukan pemesanan tiket masuk lewat pintu Jemplang, Malang dapat langsung pindah jalur ke pintu masuk wisata Bromo lain yang masih terbuka. Perpindahan tersebut bisa diinformasikan pada petugas yang berjaga di setiap pintu masuk.

Pintu Masuk Cemoro Lawang dan Wonokitri Masuk Dibuka

Bagi para wisatawan yang akan mengunjungi kawasan wisata Bromo harus memperhatikan pintu masuk yang masih diperbolehkan imbas adanya kebakaran Savana Bromo. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah akses masuk ke Bromo yang hanya boleh melewat dua pintu saja.

Kedua pintu masuk tersebut yakni Cemoro Lawang di Probolinggo dan Wonokitri di Pasuruan. Dengan hanya dibukanya dua pintu tersebut tentu akan ada beberapa kondisi yang dapat terjadi. Beberapa kondisi yang perlu diwaspadai, seperti :

1. Akses jalan yang padat

Dengan hanya 2 pintu masuk yang dibuka maka akses jalan dari dan menuju kawasan wisata Bromo lewat Wonokitri maupun Cemoro Lawang akan padat. Kemacetan dan antrian kendaraan bisa saja terjadi dan harus diwaspadai dengan baik.

2. Jumlah akomodasi dan Jeep yang terbatas

Padatnya kawasan Cemoro Lawang dan Wonokitri imbas dari penutupan akses masuk lain menyebabkan akomodasi dan mobil Jeep terbatas. Semua pihak travel perjalanan wisata di bromo akan memindahkan akses masuknya ke dua tempat tersebut akibat kebakaran Savana Bromo.

Dengan kondisi yang muncul, wisatawan harus bisa mengantisipasinya agar tetap dapat melakukan perjalanan wisata ke Bromo secara nyaman. Perhatikan beberapa detail penting sebelum pergi ke Bromo terutama saat adanya kondisi penutupan imbas kebakaran ini.

Tips Penting Ke Bromo Agar Aman dan Nyaman Imbas Kebakaran Savana

Beberapa kondisi tertentu harus diperhatikan wisatawan agar tetap dapat menikmati Bromo secara nyaman meskipun ada Kebakaran Hutan di Savana. Berikut ini beberapa Tips bagi para wisatawan untuk ke Bromo beberapa waktu ke depan selama ada kondisi kebakaran di Savana.

1. Pastikan semua kebutuhan sudah dipersiapkan sebelum berangkat

Tips pertama yang perlu wisatawan perhatikan ketika berkunjung ke Bromo selama kondisi Kebakaran Savana Bromo masih terjadi adalah memastikan semua kebutuhan siap. Wisatawan sebaiknya melakukan pemesanan di awal untuk hotel dan juga persewaan Jeep sebelum berangkat.

2. Selalu update pengumuman resmi terkait kondisi Kawasan Wisata Bromo

Pastikan untuk selalu mengupdate setiap informasi yang muncul dari pengumuman resmi wisata Bromo. Wisatawan dapat mengetahui update tersebut salah satunya lewat media sosial. Informasi update dan terbaru dapat diperoleh dari akun instagram resmi Info TNBTS.

3. Hindari kawasan Savana Bromo

Dengan adanya kebakaran di kawasan Savana Bromo tersebut, semua perjalanan menuju kesana akan dilarang dan dibatasi. Wisatawan sebaiknya mengikuti petunjuk yang ada dan menghindari daerah Savana terlebih dahulu ketika berkunjung ke kawasan Bromo.

Kebakaran di Savana Bromo memang sering terjadi selama musim kemarau. Kondisi tersebut tetap harus diwaspadai oleh para wisatawan. Meskipun ada imbas Kebakaran Savana Bromo, wisatawan masih tetap bisa berkunjung ke kawasan wisata Bromo dengan beberapa batasan yang ada.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads